Senin, 26 Maret 2012

Tugas Khusus 2

Diposting oleh nithaaa di 04.03
Siti Hajar & Nirmala Bonat, TKW Korban Penyiksaan di Malaysia

Kasus penganiayaan TKW asal Indonesia di Malaysia oleh majikannya sering diungkapkan oleh media. Baru-baru ini, media mengungkap penganiayaan Siti Hajar (33), TKW asal Jawa Tengah. Bentuk penganiayaan yang diterima Siti tidak manusiawi, selain disiram dengan air panas, juga sering dipukul dengan kayu di sekujur tubuhnya jika melakukan kesalahan dalam bekerja. Selain penyiksaan, Siti Hajar juga tidak pernah menerima gaji selama selama masa kerjanya, 34 bulan.
Kejadian mengenaskan sudah pernah juga dialami oleh Nirmala Bonas, TKW asal Nusa Tenggara Timur. Oleh majikannya, dadanya disterika, badannya disiram air panas hingga pada melepuh, dan kepalanya dipukul hanger hingga menimbulkan luka parah dan sadis. Lebih parahnya, majikan yang menyiksa Nirmala Bonas tidak mengakui kesalahannya, dan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan perbuatan Nirmala sendiri, yang oleh majikan dianggap memiliki kelainan jiwa. Sementara majikan Siti Hajar, mengakui kesalahannya, kemudian meminta maaf dan bersedia membayar seluruh gaji Siti Hajar selama 34 bulan. Majikan Siti Hajar tersebut kini sedang menjalani proses hukum, sementara majikan Nirmala Bonat dikenakan hukuman 18 tahun penjara (sejak 2008).
Penyelesaian :
Tenaga Kerja Wanita atau yang lebih dikenal dengan sebutan TKW ini tak pernah luput dari pemberitaan media. Dan pemberitaan itu tidak jauh dari yang namanya kekerasan. Banyak sekali kekerasan yang terjadi pada TKW, bahkan diantara mereka ada yang pulang dalam keadaan meninggal dunia.
Lemahnya hukum tentang tenaga kerja Indonesia. TKW merupakan tanggung jawab pemerintah, tapi pemerintah seakan menutup mata dengan keadaan seperti ini. Pencegahan kekerasan terhadap TKW memang sulit, ini dikarenakan mereka kerja bukan didaerah kekuasaan Indonesia. Namun alngkah baiknya jika pemerintah menghentikan pengiriman TKW ke luar negeri, dan memperbanyak lapangan kerja dalam negeri.
Penyebab seseorang ingin berkerja diluar negeri adalah faktor ekonomi yang rendah, sehingga dia menjadi TKW karena peluang mendapat pekerjaan sangat tinggi, dan gaji yang diterimapun lumayan besar.
TKW sering disebut Pahlawan Devisa, karena dalam setahun bisa mendapatkan devisa yang besar. Namun pada kenyataannya TKW menjadi ajang pungutan liar bagi para pejabat dan agen yang terkait.
Nama           : Yanita Permata Sari
NPM            : 28210594
Kelas           : 2EB18
Tugas Khusus 2

0 komentar:

Posting Komentar

 

beautiful words Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei