Senin, 11 Oktober 2010

Pengantar bisnis modern Bab 2

Diposting oleh nithaaa di 05.40
PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN

Istilah tanggung jawab social menunjukan pertimbangan manajemen tentang pengaruh-pengaruh social di samping juga pengaruh ekonnomi ekonomi dari keputusan-keputusana. Ini berlaku bagi semua perusahaan tanpa memandang besar, lokasi, atau industrinya. Tanggung jawab sosila tersebut mencangkup hal-hal seperti bidang kesehatan, informasi konsumen, praktek tanpa diskriminasi, pemeliharaan lingkungan fisik.

Pengertian lingkungan perusahaan
            Lingkungan perusahaan dapat di artikan sebagai keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahan baik organisasi maupun kegiatannya. Factor-faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termasuk aspek-aspek ekonomi, politik, social, etika-hukum, ekologi/ekologi dan sebagainya. Masing-masing factor saling menunjang dan saling mempengaruhi.

Perusahaan dalam masyarakat yang pluralistik
            Masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Pluralisme mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.

Kesan negatif dari perusahaan
            Dari pemberitaan pers yang dapat kita ikuti, banyak masalah yang menciptakan kesan negatif tentang perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya, pembayaran-pembayaran yang tidak legal, dan sebagainya. Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi, moral, etika, dan politik saja, tetapi juga menyangkut lingkungan fisik.

Usaha-usaha untuk memperbaiki kesan negatif
            Untuk memperbaiki adanya kesan-kesan negative dari masyarakat terhadap perusahaan, tentunya perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah yang negatiif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif.

LINGKUNGAN FISIK, ENERGI, DAN KONSERVASI
            Salah satu masalah yang sulit di atasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.

Ekologi
            Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Kualitas lingkungan kita semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh kombinasi dari 3 faktor :
  1. Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
  2. Perkembangan produksi baru
  3. Semakin meningkatnya kemkmuran ekonomi.
Tujuan-tujuan ekologis memang sangat penting. Tetapi, persoalan riilnya adalah menyangkut apakah kita dapat mengkoordinir tujuan-tujuan tersebut dengan tujuan social dan ekonomi lainya.

Macam-macam polusi
            Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam di mana kita hidup dan bekerja.

Pencemaran Udara
            Rata-rata orang menghirup udara sebanyak 35 pon per hari. Jumlah inimerupakan enam kali dari jumlah makanan dna minuman yang dikonsumsi secara normal. Polusi ini menimbulkan dampak negatif yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan. Tetapi, dapat diduga bahwa pencemaran udara seperti ini berpengariuh negatif pada kesehatan badan setiap orang.

Pencemaran Air
            Cukup banyak kasus pencemaran air di Indonesia yang berasal dari berbagai macam sumber, seperti lingkunga industri, pemukiman, dan lingkungan pertanian. Air yang mengandung bakteri-bakteri itu tidak baik bagi kesehatan badan jika diminum.

Pencemaran Sampah Awet
            Di dunia ini hanya ada tiga macam pembuangan sampah, yaitu bumi, air, dan udara. Manajemen yang baik menyangkut pembuangan samapah ketiga tempat tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan lingkungan masyarakat.
            Sering sampah awet, seperti kaleng bekas, botol, karet dan plastik, sulit mendapatkan pembuangan, ditanampun tidak lekas larut dalam tanah. Namun demikian masih ada pihak-pihak yang ternyata sangat membantu dalam mengurangi polusi sampah awet, yaitu para gelandangan yang mencari kaleng, botol, dan sebagainya yang mendapatkan hasil dengan menjualnya ke pabrik-pabriki pengolahan.
            Pekerjaan yang dilakukan oleh para pengumpul kaleng itu sebenarnya sudah merupakan tahap awal dari proses pengolahan kembali sampai awet. Dalam perekonomiankita proses pengolahan kembali ini sangat penting, disamping dapat menciptakan lapangan kerja juga dapat menghemat energi, memberikan sumber bahan baku pelengkap bagi produksi, dan membantu mengatasi persoalan sampah.

Energi dan Konservasi
            Di Indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan di samping batu bara dan air. Kemudian muncul  penggunaan gas alam yang juga dihasilkan di dalam negeri, dan akhir-akhir ini sudah mulai dikembangkan penggunaan sumber energi serta kemungkinan penggunaan tenaga nuklir.
            Dari sumber energi tersebut kiranya energi matahri dapat membrikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hampir tidak ada, biayanya murah dan bebas polusi. Sebagian besar penggunaan energi di dunia inimasih sangat bergantung pada minyak dan gas.

LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PAJAK

Alasan-alasan bagi meningkatkan pengeluaran pemerintah
            Alasan-alasan bagi pemerintah untuk menaikan pajak adlah membiayai pengeluaran yang semakin meningkat. Meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi, pertambahan penduduk dan permintaan masyarakat, serta pengeluaran biaya untuk pertahanan Negara.
            Di samping sebagai pusat industri yang banyak memberikan lapangan pekerjaan, juga merupakan daerah pasaran yang baik bagi hasil-hasil industri itu sendiri ataupun pertanian. Alas an lain yang mendorong penduduk berpindah ke kota adalah keinginan memperoleh pendidikan yang lebih tinggi.
            Adanya pertambahan penduduk dapat mengakibatkan pengeluaran pemerintah lebih besar. Pemerintah perlu menyediakan kebutuhan pokok mereka dengan usaha-usaha peningkatan produksi dalam negeri dan pengadaan impor dari luar negeri. Walaupun pemerintah sudah berusaha menekan laju pertumbuhan penduduk dengan program keluarga berencana (KB) nya, tetapi pertumbuhan penduduk tetap berjalan. Pemerintah telah pula meningkatkan higina perorangan dan sanitasi lingkungan terutama di daerah pedesaan.
            Setiap periode pembangunan, pengeluaran-pengeluaran untuk keperluan pertahanan juga semakin meningkat. Apabila pemerintah dapat menekan pengeluaran ini, maka kebutuhan-kebutuhan lainnya akan lebih mudah terpenuhi.

Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
            Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penghasilannya, maka akan terjadi deficit. Untuk menutupi deficit ini dapatlah dilakukan peminjaman ke bank. Jumlah uang yang dipinjam dengan cara ini disebut utang Negara.
            Ada beberapa macam pajak yang dikenakan pemerintah, antara lain :

a. Pajak Tidak Langsung
            Besarnya pajak ini ditambahkan pada harga barang tersebut pada saat dijual kepada masyarakat. Pajak tersebut dinamakan pajak penjualan (PPn).

b. Pajak Langsung
            Pajak kekayaan adalah termasuk pajak langsung karena langsung dikenakan atau dipungut pada pembayar pajak.
            Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari :
  • Penerimaan dalam negeri, meliputi : pajak langsung, pajak tidak langsung, penerimaan minyak dan penerimaan buka minyak. Penerimaan bukan pajak ini meliputi denda-denda, iuran, retribusi, hasil lelang, bagian laba Perusahaan Negara, dan sebainya.
  • Penerimaan pembangunan, meliputi : bantuan program dan bantuan proyek.
Sedangkan seluruh pengeluaran  pemerintah dapat dikelompokan ke dalam :
  • Penerimaan rutin, antara lain berupa : belanja pegawai, belanja barang, subsidi daerah otonom, bungan dan cicilan utang serta pengeluaran lain.
  • Pengeluaran pembangunan.
Usaha-usaha meningkatkan kesejahteraan mesyarakat melalui pembangunan nasional dilakuin dengan melaksanakan pembangunan sektoral maupun regional.

LINGKUNGAN HUKUM
Kebiasaan-kebiasaan, tradisi, peraturan-peraturan, konsitusi dan keputusan-keputusan suatu lembaga merupakan sumber dari system hokum yang berlaku. Kegiatan perusahaan berada di dalam suatu kerangka hokum, sehingga factor hukum ini mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahaan.
Hukum yang ada di Indonesia dapat dikelompokan ke dalam :

·        Hukum Publik
Hukum Publik ini mengatur masalah-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum. Aturan-aturan hokum yang dapat dimasukan sebagai hokum public ini antara lain : hukum tatanegara, hokum tatausaha, dan hokum pidana.

·        Hukum Privat
Hukum Privat merupakan hukum yang mengatur tantang hal-hal yang berhubungan dengan kepentinngan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat. Termasuk ke dalam hokum privat adalah hokum perdata dan hokum dagang.
Kedua macam hukum tersebut, hukum public dan hukum privat, tercangkup di dalam suatu kerangka dasar tata hokum Indonesia, yaitu Undang-Undang Dasar.

LINGKUNGAN PEMERINTAH
Pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk, antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten, serta pengadaan kontrak-kontrak. Di sini terdapat suatu dorongan yang membantu secara langsung pada masing-masing sector dalam perekonomian. Bantuan tersebut akan meningkatkan kemakmuran secara umum.

Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
            Keuntungan-keuntungan ekonomi juga merupakan alas an bagi pemerintah untuk memberikan bantuan, di samping alas an keamanan dan alasan-alasan lain. Pemerintah juga membantu perusahaan-perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen. Bantuan semacam ini sering dinamakan subsidi.

a. Bantuan di Bidang Transportasi
            Tidak sedikit bantuan pemerintah di bidang transportasi. Hampir di setiap sector pengangkutan, pemerintah banyak memegang peranan. Usaha-usaha pemerintah melalui perusahaan-perusahaan seperti Garuda Indonesia Airways (GIA) di sektor angkutan udara, PELNI di sektor angkutan laut dan DAMRI oleh swasta. Bahkan dapat menimbulkan daya saing yang lebih besar untuk memberikan palayanan kepada masyarakat.

b. Bantuan pada perusahaan kecil
            Bantuan kepada perusahaan-perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu :
  • Bantuan Finansial
  • Bantuan pemberian kontrak, serta
  • Bantuan teknik dan manajemen

c. Bantuan di bidang Komunikasi
Bidang komunikasi yang meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio, televise, telepon dan sebagainya hampir seluruh dikuasai dan di atur pemerintah. Untuk melindungi kehidupan usaha itu sendiri juga untuk melindungi kehidupan perekonomian pada umumnya. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan menyangkut bidang-bidang transportasi, komunikasi, pelayanan umum, energi dan sebagainya.

LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Lingkungan internasional ini merupakan satu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia. Keadaan perekonomian nasionak menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah-masalah internasional.

Neraca Pembayaran Internasional
Keadaan perekonomian internasional beberapa Negara di tunjukan dalam neraca pembayarannya. Neraca pembayaran inimengajarkan transaksi-transaksi internasional, yaitu jumlah utang Negara X dengan utang Negara Y dan jumlah utang Negara Y pada Negara X. suatu konsep penting yang berhubungan pada neraca adalah neraca perdagangan. Jika suatu Negara mengekpor barang-barang melebihi impornya, keadaan ini menunjukan neraca perdagangan yang menguntungkan. Jika impor lebih dari ekpornya, maka keadaan  neraca perdagangan tidak menguntngkan. Dengan dilakukannya perdagangan internasional, akhirnya masing-masing Negara mengkonsumsikan sesuatu lebih besar daripada apa yang telah diproduksinya.

Perusahaan Multinasional (Multinational corporation)
Perusahaan-perusahaan multinasional kebanyak berasal dari Negara-negara Eropa, Amerika, dan Jepang. Di Eropa telah terbentuk Pasaran Bersama Eropa (PBE) yang terdiri atas Negara-negara Perancis, Jerman Barat, Italia, Nederland, Belgia, Luxembrug, dan Inggris. Selain di Eropa, perhimpunan Negara-negara untuk berkerja sama di bidang ekonomi juga terdapat di Amerika Tengah dengan nama Central America Common Market. Di Amerika Latin dengan nama American Free Trade Association. Di Asia Tenggara dengan nama Association of  South East Asian Nation (ASEAN). Dalam ASEAN Indonesia termasuk salah satu anggota selain Singapore, Malaysia. Filipina, Muangthai, segera menyusul Brunei Darussalam.

Kegiatan-kegiatan Multinasional
            Multinasional beroperasi disuatu Negara untuk mengembangkan pasarnya secara ekonomis dan berusaha memanfaatkan keadaan politik yang menguntungkan. Adanya Perusahaan Multinasional dapat membantu untuk memperbaiki kondisi perekonomian dari satu Negara terhadap Negara yang lain.

Ciri-ciri Perusahaan Multinasional
            Sebagian besar dari penanaman modal asing di Negara-negara sedang berkembang diusahakan di bidang sumber daya alam, sisanya di bidang pengolahan, perdagangan, prasarana, transport, perbankan, turisme dan jasa-jasa.

Kebaikan dan keburukan Perusahaan Multinasional
            Kebaikan Perusahaan Multinasional :
  • Menambah devisa Negara melalui penanaman modal di bidang impor.
  • Mengurangi kebutuhan devisa untuk impor di sektor industri..
  • Ikut mendukung pembangungan nasional.
Keburukan Perusahaan Multinasional
  • Makin banyak Perusahaan Multinasional yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi Negara.
  • Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi Negara.

Lembaga-lembaga yang membantu Perdagangan Internasional
  • Export and Import Commission House
  • Merchant Exporters and Importers
  • Manufacturer’s Export Agents
  • Export and Import Brokers

Perkembangan Impor dan Ekspor Indonesia
            Pada dasarnya barang-barang yang diekspor dapat digolongkan ke dalam dua kelompok, yakni barang-barang selain migas dan non migas (minyak dan gas).
            Barang-barang yang termasuk kategori bukan minyak dikelompokkan menjadi :
  1. Golongan Barang utama, terdiri atas : kayu, karet, timah dll.
  2. Golongan Barang lainnya, terdiri atas : Hewan beserta hasilnya, bahan makanan, dll.
Impor yang dilakukan oleh Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongan barang, yakni :
  1. Barang Konsumsi
  2. Bahan Baku dan Penolong
  3. Barang Modal.

0 komentar:

Posting Komentar

 

beautiful words Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei