Kamis, 29 Mei 2014

AI : Tugas 3

Diposting oleh nithaaa di 05.28

Nama   : Yanita Pemata Sari
NPM   : 28210594
Kelas : 4EB18

(  Proposal yang direkomendasikan )
“ Analisis Sistem Infomasi Akuntansi Penerimaan Kas pada PT. Cikarang Medika Farma”

Pada masa sekarang ini, kebutuhan akan obat semakin meningkat. Salah satu sarana untuk mendapatkan obat tersebut adalah melalui apotik. Apotik merupakan unsur pelaksana kesehatan, yang melakukan kegiatan kefarmasian dan penyaluran berbagai macam obat kepada masyarakat. Apotik menyediakan berbagai jenis obat, baik obat yang bersifat umum maupun obat yang direkomendasikan oleh dokter melalui resep yang diberikan.
Sistem Informasi Akuntansi merupakan rangkaian prosedur dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada para pemakai. Data yang dikumpulkan adalah transaksi keuangan, dicatat pada transaksi keuangan sesuai dengan jenis transaksi yang terjadi, diolah dengan moel yang ditetapkan hingga menghasilkan keluaran berupa informasi, kemudian didistribusikan ke personil operasi sehari – hari. Agar informasi yang dihasilkan cukup bermanfaat,maka informasi tersebut harus lengkap, tepat waktu, dan akurat Manfaat dari informasi yang didapatkan untuk kegiatan bisnis adalah sebagai dasar dari pengambilan keputusan. Dengan adanya sistem informasi, penyajian informasi yang sangat dibutuhkan tersebut bisa dengan cepat didapat,  tepat waktu, akurat, dan relevan. Setiap perusahaan menerapkan akuntansi sebagai alat komunikasinya, karena akuntansi merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis, karena akuntansi merupakan bahasa bisnis. Akuntansi merupakan proses pencatatan, pengelompokan, perangkuman, dan pelaporan dari kegiatan transaksi perusahaan. Tujuan akhir dari kegiatan akuntansi adalah penerbitan laporan keuangan. Laporan keuangan sendiri merupakan informasi bagi perusahaan.
Menurut Bochar dan Hopwood (2006), Sistem Informasi Akuntansi merupakan kumpulan sumber daya, seperti manusia dan peralatan, yang dirncang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya ke dalam informasi. Menurut Romney dan Steinbart (2006) menyatakan bahwa sistem informasi akuntansi adalah sistem yang mengumpulkan, mencatat dan memproses data untuk menghasilkan informasi untuk pengambilan keputusan.
Teknik analisis yang digunakan adalah Sistem Akuntansi, Data Flow Diagram, dan Entity Relationship Diagram. Sistem Akuntansi adalah sistem yang dibuat untuk memudahkan user mendapatkan informasi akuntansi. Data Flow Diagram merupakan diagram yang menggunakan notasi – notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem. DFD sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir. Entity Relationship Diagram adalah merupakan model data berupa notasi garis dalam pemodelan data konseptual yang menggambarkan hubungan antara penyimpanan.

Demikian tulisan ini saya buat, semoga dapat memberikan manfaat.

Bochar, G. H. and W.S. Hopwood. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta:  ANDI
Romney, Marshall B and Paul John Steinbart. 2006. Sistem Informasi  Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.


0 komentar:

Posting Komentar

 

beautiful words Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei